Pada 12 Februari 2014, saya dan
kawan-kawan Wilmar Business Institute (WBI) Medan mempelajari tentang BLUE OCEAN
STRATEGY (BOS) dalam mata kuliah ENTREPRENEURSHIP-2 (E2).
What
I Learn Today?
Berbagai macam pelajaran yang saya dapat
dari mata kuliah Entrepreneurship-2 (E2) dari WBI Medan yang akan saya share ke
kawan-kawan secara GRATIS. Saya dan kawan-kawan ditanya mengenai apa ide bisnis
kami. Ide bisnis saya dan kawan-kawan nantinya akan menjadi produk/jasa baru.
Semua itu tetaplah diawali dan dilakukan karena passion.
Lalu, saya dan
kawan-kawan mempelajari tentang Blue
Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy
adalah suatu gagasan inovatif tentang menciptakan ruang pasar tanpa pesaing. Blue
Ocean Strategy pada dasarnya adalah suatu siasat untuk menaklukan pesaing
melalui tawaran fitur produk yang inovatif, yang selama ini justru luput dari
perhatian para pesaing.
Berhubungan dengan Blue
Ocean Strategy, kami dihadapkan pada gambar pasar. Pasar ini, para pedagangnya
menjual suatu produk yang sama. Jika suatu pasar para pedagangnya menjual
produk yang sama, maka persaingan akan seperti perang yang saling membunuh.
Keadaan ini dinamakan Red Ocean Strategy. Seandainya, kita berjualan di pasar
tersebut, pastinya kita akan menjual produk yang berbeda dari mereka. Lalu,
kita jualan dimana? Ya, kita jualan di luar gambar pasar tersebut dan tak perlu
untuk mengikuti prosedur atau struktur yang sudah ada. So, kita sudah
menerapkan Blue Ocean Strategy.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIJrOdFTXjxO_Xr4LBrvsgCpdfRPnflftQ-ksbF1iwgOqViv4Rl6HaBgwjLnLcUgrhKBs8OaozYrs5sr034hLaxPhsj4VYEiMKOhBNTWZt0WmKnbkkAd2U3Mrg7SWzcIM2TGrnuoOdXh8A/s1600/mmm.jpg)
Apabila kita memakai
Red Ocean Strategy maka, diketahui pemasarannya, banyak kompetitor, dan bisa
dibilang saling fight. Kalau Blue
Ocean Strategy maka, belum diketahui pemasarannya, sedikit kompetitor, membuat
pasar yang baru.
Berikut ini adalah sesuatu yang perlu diketahui mengenai Blue Ocean Strategy yaitu, Six Principles of Blue Ocean Strategy:
Berikut ini adalah sesuatu yang perlu diketahui mengenai Blue Ocean Strategy yaitu, Six Principles of Blue Ocean Strategy:
o Reconstruct
market boundaries.
oFocus on the big picture, not the
numbers.
o Reach beyond existing demand.
o Get the strategic sequence right.
o Overcome key organizational hurtles.
Dalam menerapkan Blue
Ocean Strategy dikenal yang namanya 4 (empat) tindakan.
Pertama Eliminate
(Hapuskan), yaitu menghapuskan unsur-unsur yang
tidak bernilai dari produk.
Kedua Reduce
(Kurangi), yaitu mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang tapi masih
diperlukan.
Ketiga Raise (Tingkatkan),
yaitu meningkatkan unsur-unsur yang akan dijadikan keunggulan dari produk hingga diatas standar industri yang ada.
Keempat Create (Ciptakan),
menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada di industri tersebut.
Saya
dan kawan-kawan juga mempelajari cara dapat menyaingi merek minuman terkenal di
Indonesia dengan membuat produk minuman baru dengan Blue Ocean Strategy.
And
then, how do I feel about it?
Perasaan yang saya alami adalah dahsyat. Dahsyatnya
ini karena saya berhasil mendapat pelajaran mengenai Blue Ocean Strategy. Senang bisa dapat ilmu baru.
Enjoy dengan studi case tentang menganalisa pasar
minuman di Indonesia.
Dapat jurus jitu dalam membuat strategi.
Finally,
what are the things that I want to do
differently (change)?
Berubah dalam
membiasakan mindset strategi blue ocean. Berusaha untuk terbiasa mengawinkan ide
bisnis dengan passion. Menjalani
hidup dengan melakukan hal-hal kecil yang berhubungan dengan mata kuliah entrepreneurship
yang sudah dipelajari.
RADO C.S.
No comments:
Post a Comment