Sunday, February 16, 2014

Pilih Si Biru Atau Si Merah?

Home » » Pilih Si Biru Atau Si Merah?

Pada 12 Februari 2014, saya dan kawan-kawan Wilmar Business Institute (WBI) Medan mempelajari tentang BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) dalam mata kuliah ENTREPRENEURSHIP-2 (E2).
What I Learn Today?
Berbagai macam pelajaran yang saya dapat dari mata kuliah Entrepreneurship-2 (E2) dari WBI Medan yang akan saya share ke kawan-kawan secara GRATIS. Saya dan kawan-kawan ditanya mengenai apa ide bisnis kami. Ide bisnis saya dan kawan-kawan nantinya akan menjadi produk/jasa baru. Semua itu tetaplah diawali dan dilakukan karena passion.

Lalu, saya dan kawan-kawan mempelajari tentang Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy adalah suatu gagasan inovatif tentang menciptakan ruang pasar tanpa pesaing. Blue Ocean Strategy pada dasarnya adalah suatu siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, yang selama ini justru luput dari perhatian  para pesaing. 
Berhubungan dengan Blue Ocean Strategy, kami dihadapkan pada gambar pasar. Pasar ini, para pedagangnya menjual suatu produk yang sama. Jika suatu pasar para pedagangnya menjual produk yang sama, maka persaingan akan seperti perang yang saling membunuh. Keadaan ini dinamakan Red Ocean Strategy. Seandainya, kita berjualan di pasar tersebut, pastinya kita akan menjual produk yang berbeda dari mereka. Lalu, kita jualan dimana? Ya, kita jualan di luar gambar pasar tersebut dan tak perlu untuk mengikuti prosedur atau struktur yang sudah ada. So, kita sudah menerapkan Blue Ocean Strategy.
Apabila kita memakai Red Ocean Strategy maka, diketahui pemasarannya, banyak kompetitor, dan bisa dibilang saling fight. Kalau Blue Ocean Strategy maka, belum diketahui pemasarannya, sedikit kompetitor, membuat pasar yang baru.
Berikut ini adalah sesuatu yang perlu diketahui mengenai Blue Ocean Strategy yaitu, Six Principles of Blue Ocean Strategy:
o Reconstruct market boundaries.
oFocus on the big picture, not the numbers.
o Reach beyond existing demand.
o Get the strategic sequence right.
o Overcome key organizational hurtles.
o  Build execution into strategy.


Dalam menerapkan Blue Ocean Strategy dikenal yang namanya 4 (empat) tindakan.
Pertama Eliminate (Hapuskan), yaitu menghapuskan unsur-unsur yang tidak bernilai dari produk.
Kedua Reduce (Kurangi), yaitu mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang tapi masih diperlukan.
Ketiga Raise (Tingkatkan), yaitu meningkatkan unsur-unsur yang akan dijadikan keunggulan dari produk hingga diatas standar industri yang ada.
Keempat Create (Ciptakan), menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada di industri tersebut.
Saya dan kawan-kawan juga mempelajari cara dapat menyaingi merek minuman terkenal di Indonesia dengan membuat produk minuman baru dengan Blue Ocean Strategy.

And then, how do I feel about it?
Perasaan yang saya alami adalah dahsyat. Dahsyatnya ini karena saya berhasil mendapat pelajaran mengenai Blue Ocean Strategy. Senang bisa dapat ilmu baru. Enjoy dengan studi case tentang menganalisa pasar minuman di Indonesia. Dapat jurus jitu dalam membuat strategi. 
Finally, what are the things that I want to do differently (change)?
Berubah dalam membiasakan mindset strategi blue ocean. Berusaha untuk terbiasa mengawinkan ide bisnis dengan passion. Menjalani hidup dengan melakukan hal-hal kecil yang berhubungan dengan mata kuliah entrepreneurship yang sudah dipelajari.

RADO C.S.

No comments:

Post a Comment