Perjalanan selanjutnya
di zona WBI (Wilmar Business Institute), seakan-akan kembali mengupdate
keajaiban dunia yang baru di era yang baru. Hehehe. Keajaiban itu adalah Mengupdate
Sembilan Keajaiban BMY (Business Model You).
Meeting V dalam mata
kuliah Entrepreneurship-1 pada 9
Oktober 2013, saya mahasiswa WBI mempelajari entrepreneurship-1 khusus mengenai
BMY (Business Model You) yang diajarkan oleh Bapak David Turnip. NB: Setiap
mahasiswa WBI yang aktif bertanya dan menjawab akan diberi ‘bintang’ dari Bapak
David Turnip.
So,
what I learn today?
Mengingat kembali, saya mempelajari
kembali BMY. BMY adalah metode yang mempermudah dalam memetakan diri sendiri.
Dan hal itu penting karena untuk mengenal diri sendiri, kemampuan, dan nilai
jual diri sendiri. BMY memiliki sembilan kolom. Manfaat kolom tersebut adalah
seseorang mengetahui starting pentingnya. Adapun sembilan kolom tersebut antara
lain:
Ø Value Proposition
adalah sesuatu dalam diri seseorang yang dapat bermanfaat bagi orang lain
(Customer Segments). Contohnya, saat kuliah, saya aktif di dalam kelas. Sesuatu
yang dijual dari diri kita bermanfaat bagi dosen dan yang dilakukannya adalah
bernilai bagi dosennya.
Ø Customer Segments
adalah orang yang akan kita berikan manfaat yang kita miliki. CS juga
menjelaskan siapa yang akan kita tolong.
Ø Customer Relationships
adalah bagaimana seseorang berinteraksi dengan CS (Customer Segments), supaya
CS itu dapat bertahan dan menginginkan manfaat itu kembali.
Ø Channels
adalah bagaimana mereka mengetahui saya, agar saya dapat memeberikan manfaat
bagi CS saya adalah dengan kontak langsung.
Ø Key Partners
adalah seseorang yang akan menolong kita dalam memberikan value bagi customer segments kita.
Ø Key Resources
adalah apa yang saya punya untuk saya gunakan (sumber daya yang saya miliki).
Ø Cost Structure adalah
sesuatu yang kita korbankan misalnya uang, tenaga, waktu, dan pulsa. Hal itu dikorbankan
demi customer segments dalam memberi value proposition.
Ø Revenue Streams adalah
sesuatu yang kita perlukan dan kita harapkan dari customer segments.
Selanjutnya, saya dan
kawan-kawan WBI kembali berlatih cara membuat BMY dengan customer segments-nya NEGARA.
Dari uji coba membuat BMY yang diberikan oleh Bapak David, ternyata masih ada
yang kesulitan dalam mengisi kolom-kolom BMY. Nampaknya, BMY cukup sulit untuk
dilakukan. Tetapi, itu terjadi karena belum terbiasanya saya dan kawan-kawan
dalam mengisi kolom-kolom BMY.
Saya juga
mempelajari bahwa BMY bergerak kemana dan memperbaiki diri dan melakukan
adaptasi, refleksi, dan inovasi. Inovasi BMY berguna untuk mengedepankan diri
kita. BMY juga perlu di exploit dan explore. BMY harus di exploit maksudnya BMY yang sudah disusun
apakah sudah maksimal, sedangkan BMY yang harus di explore maksudnya bahwa saya bisa membuat BMY satu lagi untuk
konsumen yang berbeda.
Meeting-5 ini, saya merasa senang dan beruntung
bisa mempelajari lagi tentang BMY. Saya menjadi mengerti tentang BMY. Namun,
butuh banyak belajar untuk dapat terbiasa dalam mengisi sembilan kolom yang
terdapat pada BMY.
Perubahan yang akan saya lakukan adalah saya
ingin merealisasikan BMY saya. Dengan itu, saya dapat merefleksi BMY saya.
Setelah merefleksinya saya membuat suatu inovasi agar saya dapat menjadi
terdepan. Sehubungan dengan hal itu, maka saat BMY saya sudah maksimal maka
saya dapat membuat satu lagi untuk konsumen yang berbeda, sehingga penyesuaian
yang akan saya lakukan terhadap seseorang menghasilkan Revenue Streams.
Semuanya itu dilakukan
demi keberhasilan saya menjadi entrepreneur
yang berjiwa entrepreneur yang professional,
berintegritas, berinovasi, bekerja sama, dan berkepedulian. To Know, To Do, and To Be. Saya bisa.
Demikian kisahku yang
kudapat dari zona WBI. Misi sukses. Saya sudah mengupdate sembilan keajaiban
BMY di zona WBI. Ingat dan selalu mengupdate sembilan keajaiban BMY ini, agar
kita mengetahui apa yang dibutuhkan customer
segments kita. Seperti motto PT. AJ Prudential yaitu always listening and always understanding. Hehehe.
Sekian dan terima kasih.
BMY saya dapat dilihat di link ini :
https://skydrive.live.com/redir.aspx?resid=A16335F66759996E!117
https://skydrive.live.com/redir.aspx?resid=A16335F66759996E!117
ReplyDelete